6 Cara Olahraga Di Rumah Bisa Mengatasi Depresi

Written by Andali on February 22, 2021 in LIP with no comments.

Ingatlah, setiap kali Anda mulai merasa khawatir, panik, cemas, ataupun gelisah karena keadaan pandemi ini, tarik napas dan kontrol emosi sebaik mungkin. Meski situasi di luar sana sedang tidak kondusif, Anda harus tetap fokus untuk menciptakan momen-momen menakjubkan bersama keluarga di setiap harinya. Akan tetapi kelemahannya, karakter ini dapat mengeluarkan emosi yang meluap-luap bahkan untuk hal yang kebanyakan dianggap sepele.

Lilin aromaterapi dengan aroma lake sundown yang sangat menyegarkan dapat menjadi pilihan best untuk mengisi tiap sudut ruangan. Hiburan dirumah – saat pandemi, pasti Ruppers banyak menghabiskan waktu dirumah nih. Namun, kelamaan dirumah apalagi saat pandemi seperti ini tentu dapat membuat Anda jenuh atau stress loh. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, solusi terbaik yang diberikan Ruparupa adalah adakan hiburan ketika Anda dirumah. Secara tak sadar, berbagai masalah keluarga dapat membuat kamu kehabisan energi. Kamu merasa lelah menghadapi keributan yang itu-itu saja sama suami, penat menghadapi omongan mertua, dan lain sebagainya.

Dalam hal menjaga kesehatan dan kesejahteraan, tidur selalu menjadi bagian dari jawabannya. Kualitas tidur yang baik dan memadai dapat menjaga sistem kekebalan tubuh tetap bekerja sebaik mungkin untuk melawan infeksi seperti yang disebabkan oleh virus corona. Kondisi stres yang berkepanjangan bisa memicu Anda terkena penyakit. Penting menjaga kesehatan psychological agar tidak stres berkepanjangan yang dapat mengeluarkan hormon kortisol, yang memengaruhi sistem imunitas tubuh.

Beberapa cara untuk tidak stress saat dirumah

Meditasi bisa sangat membantu Bunda untuk menenangkan pikiran sehingga bisa melepas stres saat hamil. Meditasi juga merupakan salah satu terapi yang baik untuk kesehatan psychological dan bermanfaat bagi ibu serta bayi. Banyak hal yang dapat menyebabkan stress pada anak yang belajar dari rumah seperti gaya belajarnya, tugas terlalu banyak hingga metode pembelajaran yang tidak sesuai. Selain itu, tidak semua guru sudah memahami dan menguasai metode yang baik untuk mengajar dengan efektif secara on-line. Ini akan menyebabkan sulitnya anak memahami materi yang disampaikan, dan menjadi semakin stress.

Hal ini dapat terjadi jika Anda bersikap ‘lepas tangan’ dan tidak mau membantu pasangan dalam melakukan pekerjaan rumah. Olahraga memiliki beberapa manfaat langsung untuk menghilangkan stres. Untuk menekan laju penyebaran virus, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan bodily distancing dengan tinggal di rumah saja. Tetapi, siapa bilang kamu tidak bisa “nongkrong” dan “kumpul” sama teman-teman kamu? Kamu juga bisa memanfaatkan Instagram Live untuk olahraga bareng, main musik dengan temanband, dan lain-lain. Pakai waktu WFH ini untuk melakukan hal-hal yang bikin kamu bahagia bisa menjadi cara agar tidak stres selama pandemi COVID-19.

Psikolog keluarga Ajeng Raviando mengatakan penting membangun komunikasi efektif antara orang tua dan anak. Setidaknya orang tua dapat lebih mengerti bahkan lebih bijak menghadapi dan mendukung anak. Untuk mengatasi masalah tersebut, Hendra pun menyarankan agar orang tua dapat berkomunikasi dari hati ke hati dengan anak.

“Bercocok tanam tidak hanya menjadi cara dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga, tetapi juga dapat mengurangi stress saat harus di rumah saja. Keluarga jadi memiliki kegiatan positif dan kesehatan fisik tetap terjaga,” kata Haykal. Selama pandemi, Mona tidak hanya berfokus pada kesehatan fisik keluarga, tetapi juga kesehatan jiwa. Tidak dipungkiri, pandemi menyebabkan perasaan tidak nyaman terlebih dengan segala aktivitas adaptasi yang harus dilakukan. [newline]Karena itu, bagi Mona penting untuk mencari cara agar keluarga tetap senang.

Sebaiknya, pilih waktu saat anak sedang bermain sendiri ataupun tidur siang untuk memulai pekerjaan Anda. Ketika mereka sibuk dengan kegiatannya, maka kemungkinan besar, mereka tidak akan mengganggu Anda. Saling bertukar kabar dan beraneka cerita dengan orang lain di masa pandemi saat ini bisa jadi hiburan paling masuk akal untuk menghilangkan jenuh dan bosan. Jangan lupa juga untuk melakukan hal-hal baik pada sesama sehingga energi positif tersebut bisa saling tersalurkan dengan baik. Ketahuilah, ada banyak sekali hal sederhana lainnya yang menyenangkan dan mampu membuat diri Anda bahagia.

Yoga menawarkan daftar manfaat kesehatan, dari mengatasi stres hingga meregangkan otot-otot yang kurang aktif selama masa karantina dirumah. Dengan melakukan yoga kamu dapat meningkatkan kekuatan hingga mendapatkan ledakan aktivitas fisik. Selain itu, cara mengatasi stres juga bisa dilakukan dengan mengatur pola makan. Hindari makanan yang bisa meningkatkan gula darah, seperti karbohidrat berlebih atau makanan ringan, karena bisa meningkatkan stres dan kecemasan. Dilansir dari laman Healthychildren, untuk mencegah stres saat mendampingi anak belajar di rumah, sebaiknya orang tua menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam rumah. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental juga penting dilakukan selama menjalani masa isolasi.

Mungkin kamu sudah pernah melihatmemedi social media yang bilang, “WFH turns everybody into Gordon Ramsay.” Guyonan ini sama sekali tidak salah. Karena di periode ini, kamu punya banyak waktu dan kesempatan untuk melakukan hobi atau aktivitas yang sebelumnya tidak pernah atau jarang kamu lakukan. Sepulang kantor, boleh jadi kamu juga jarang memiliki high quality time bersama PRAGMATIC PLAY anak dan keluarga. Karena itu, coba untuk tetap terhubung dengan rekan kerja, teman dan keluarga untuk saling bercerita atau sekedar bertegur sapa. Jika perlu, bicarakan perasaan dan masalah yang sedang dialami pada orang-orang yang kamu percaya bisa membantu. Yoga bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk menghilangkan stres karena yoga dapat menghubungkan gerakan dengan nafas.

Comments are closed.