7 Tips Ala Mendikbud Atasi Stres Saat Belajar Dan Mengajar Di Rumah

Written by Andali on February 22, 2021 in LIP with no comments.

Hal tersebut tentu disebabkan kebiajkan-kebiajkan PSBB melarang segala aktifitas yang menyebabkan adanya keramaian. Seperti sekolah, tempat ibadah, perkantoran pabrik, hingga kegiatan perayaan pun dilarang selama penyebaran virus COVID-19 masih belum ada pengurangan signifikan. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa setiap pemerintah daerah terkait akan memperpanjang masa PSBB. Stres adalah respons emosional seseorang yang disebabkan masalah eksternal atau ketika menghadapi berbagai persoalan kehidupan. Dalam kadar tertentu, stres dibutuhkan untuk bisa siaga menghadapi ancaman permasalahan. Namun, kalau stresnya berkepanjangan dan menimbulkan penderitaan akan berubah menjadi misery dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan mental, ini yang harus dihindari.

Semenjak WFH, tidak dipungkiri penggunaan media sosial jadi lebih tinggi, baik itu sekedar selingan di waktu istirahat, ingin melihat kabar teman dan saudara, maupun melihat berita terbaru. Banyak informasi bertebaran lewat media sosial dan cukup sulit memilihnya karena informasi selalu berubah. Sebagaimana yang dihimbau World Health Organization , selama masa karantina usahakan untuk jalani gaya hidup sehat.

Selanjutnya, ingatlah bahwa pola tidur yang baik dapat memunculkan pikiran positif. Beberapa reaksi umum dari stres yakni perubahan pola tidur, kemarahan, ketakutan, atau bahkan menarik diri. Disarankan agar anak dapat bersabar dan melakukan kegiatan yang membawa suasana menjadi lebih santai. Dampak dari cabin fever salah satunya adalah mood yang tidak stabil. Oleh karena itu untuk menjaga mood stabil lakukan hobi atau entertain your self.

Orangtua bisa berkoordinasi dengan guru bila menemukan hambatan dalam pengerjaan tugas. Walau bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, sayangnya Komisi Perlindungan Anak Indonesia menerima banyak pengaduan terkait dengan anak-anak yang stres akibat pembelajaran jarak jauh. Apalagi sekarang ini dimasa pandemi kegiatan belajar masih dilakukan dalam rumah saja. Jadi gunakan waktu yang ada untuk menyelesaikan tugas-tugas sebelum akhirnya memutuskan untuk istirahat dalam jangka waktu lama.

Beberapa cara untuk tidak stress saat dirumah

Mengutip dari berbagai sumber termasuk WHO dan CDC, Klook memiliki 5 suggestions yang bisa kamu lakukan untuk mengusir atau mengurangi stres selama lockdown karena wabah coronavirus. Daripada menghadapi lingkungan anda apa adanya dan dengan demikian menerima hal yang menyebabkan stress, gunakan lingkungan untuk keuntungan anda. Jika si anak merasa jenuh dengan aktifitas yang monoton selama belajar di rumah, maka si anak dapat disarankan untuk membuat jadwal belajar harian. Kegiatan yang dijadwalkan bisa menyesuaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru atau sesuai dengan kemampuan siswa. Jika siswa telah mengalami penurunan semangat belajar bahkan hingga stress, maka akan sangat tidak baik bagi kesehatan si anak. Maka sedari sekarang, si anak harus diajari untuk menjaga pola belajar dirumah yang sehat, agar tetap semangat unttuk belajar, menghindari kejenuhan dan menimalisir terjadinya stress.

Jika kamu dan suami selalu ribut untuk hal yang sama, maka segera bicarakan dengan dirinya, jangan tunda-tunda. Jika terlalu sering ditunda, suami justru merasa itu bukanlah suatu permasalah yang serius sehingga ia akan mengabaikannya. Jadi, segera ambil waktu pribadi dan bicarakan baik-baik apa yang membuat kamu merasa tertekan dan stres. Mendengarkan musik bisa menjadi solusi untuk melupakan semua masalah pekerjaan yang melanda pikiran. Rileks dan santai dapat dibentuk dengan cara mendengarkan musik yang miliki irama santai seperti musik yang bergenre dangdut dan reggae. “Yang terpenting, hindari mengajak anak keluar rumah, walau tempat-tempat umum sudah mulai dibuka.

Yang harus dipastikan adalah agar anak-anak tidak menghabiskan seluruh waktunya disitu, karena itu tidak baik. Bila mengalami beberapa gejala diatas dalam waktu yang cukup lama, penting untuk mengatasinya segera. Terlalu lama bekerja di rumah membuat tubuh anda kurang bergerak dikarenakan terlalu banyak duduk menatap layar monitor sepanjang hari, akibatnya berdampak pada kesehatan fisik, mental Slot Gacor dan emosional anda. Maka olahraga ringan adalah salah satu tips untuk mencegah dampak negatif tersebut agar tubuh anda terasa bugar dan sehat.

Comments are closed.