Anak Indonesia, Asa Pasca Pandemi Yang Harus Diselamatkan

Written by Andali on March 18, 2021 in LIP with no comments.

Hal ini dibuktikan dengan ekonomi China yang mengalami perlambatan sebesar 1-2% berpengaruh terhadap menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia sebesar zero,1%-0,3% pada saat pandemi Virus Covid-19 ini. Wirausaha rumahan secara daring bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Bisnis daring memiliki risiko relatif kecil, khususnya jika hanya menjadi penjual barang orang lain , waktu kerja bebas, biaya operasional murah, modal relatif kecil, dan bisa menjangkau pasar yang luas.

Pekerjaan non manufaktur ataupun usaha mikro memiliki tingkat ekspansi yang kuat, di samping kewirausahaan di sektor informal yang bisa memberikan stimulus pada semangat warga masyarakat untuk kembali beraktifitas regular. Tantangan terbesar tentu dari depresi ekonomi global Slot Deposit Pulsa yang suka atau tidak suka akan mempengaruhi iklim ekonomi di Indonesia pasca Pandemi Covid-19. Kembalinya kepercayaan pada produk dalam negeri merupakan titik balik yang berharga dari pelajaran yang dapat diambil dari masa pemulihan pasca pandemi.

Itulah salah satu peran penting kota kecil dan menengah, untuk mengurangi beban yang dapat menimbulkan permasalahan sosial ekonomi di kota besar. Tidak ada yang tidak penting, semua wilayah administrasi memiliki peran sesuai dengan hierarkinya. Tren masuknya aliran modal asing turut berkontribusi pada penguatan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS, seiring meredanya ketidakpastian pasar keuangan global serta tetap tingginya daya tarik aset keuangan domestik. Setelah sempat mengalami net outflow cukup besar pada Maret 2020 yang mencapai US$7,9 miliar, sejak Mei 2020, aliran modal terus mengalami web influx yakni berhasil mencapai US$1,2 miliar dan US$1,3 miliar . Keluarnya arus modal asing ini menyebabkan turunnya indeks harga saham dunia dan negara berkembang.

Piter memaklumi kondisi APBN saat ini sedang tertekan akibat pelebaran defisit dalam rangka meningkatkan stimulus, baik dalam rangka membantu masyarakat terdampak maupun untuk menjaga perekonomian. Vivi menuturkan perkembangan teknologi memang memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengurangi kontak. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah penggunaan dana desa untuk memberikan perlindungan sosial masyarakat rural seperti penyediaan transportasi dan alur pasok logistik. Selain terkait bentuk bantuan, hal yang perlu diperhatikan ialah ihwal distribusi bantuan dan logistik. Vivi Alatas mengatakan pemerintah perlu memastikan ketersediaan logistik dan menentukan rantai pasok yang tepat. Cara ini untuk menghindari kerumunan orang untuk mendapatkan bantuan atau membeli logistik yang justru rentan memudahkan penularan corona.

Efek covid memberikan dampak pada ekonomi negara

Namun pandemi Covid-19 yang berlangsung di Indonesia sejak Maret 2020 membuat impian Indonesia untuk mencapai bonus makin sulit. Sebelum pandemi terjadi, banyak ahli kependudukan sudah menyangsikan kemampuan Indonesia mendapat bonus tersebut. Tidak ada batasan spesifik materi belajar apa saja yang harus dilakukan oleh siswa di rumah. Hal ini karena akses atau fasilitas belajar yang dimiliki masing-masing siswa di rumah tidak lah sama.

Comments are closed.