Anies

Written by Andali on March 22, 2021 in LIP with no comments.

Kalau dilihat secara nasional, tingkat keterisian tempat tidur di rumah masih di angka 64 persen. Namun, jika dilihat information per kota atau kabupaten, rasionya sangat memprihatinkan. Harianjogja.com, JAKARTA – Kasus Covid-19 di Jakarta terus bertambah setiap hari. Sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayah DKI Jakarta mulai kewalahan merawat jumlah pasien yang terus meningkat dua pekan terakhir.

Pemerintah Provinsi DKI yang dipimpin Gubernur Anies Baswedan memprediksi rumah sakit COVID-19 di Jakarta bakal penuh pada 17 September apabila PSBB tidak diterapkan. Namun di luar 20 rumah sakit yang ICU-nya telah penuh itu, ada puluhan rumah sakit yang jumlah ranjangnya lebih dari 8 dalam satu ruangan. Doni tidak menjelaskan lebih lanjut, apakah puluhan rumah sakit dengan jumlah ranjang yang banyak itu sudah penuh atau belum. Jika tidak ditambahkan, menurut dia, ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19 di wilayah DKI Jakarta bakal jebol atau overkapasitas. Dia menuturkan, Rumah Sakit Umum Persahabatan Persahabatan memiliki kapasitas tempat tidur sebanyak kurang lebih a hundred and eighty.

Rumah sakit di Jakarta sudah penuh

“Menetapkan lokasi isolasi dan Standar Operasional Prosedur pengelolaan isolasi dalam rangka penanganan Covid-19,” kata Anies dalam putusan tersebut. Humas RSUD Cengkareng, Aris Pribadi, mengatakan, terdapat puluhan pasien yang menumpuk di IGD Covid-19 setiap harinya. “Kurang lebih puluhan pasien di lorong. Sudah sekitar tiga hari terakhir,” kata Aris ketika dikonfirmasi, Rabu (23/6).

Kondisi rumah sakit rujukan Covid-19 di Ibu Kota semakin mengkhawatirkan di tengah fenomena peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang signifikan dalam beberapa hari terakhir. “Jika jumlah kasus COVID-19 terus meningkat, kemampuan rumah sakit yang hampir penuh atau yang sudah penuh akan semakin menipis. IDXChannel – Melonjaknya kasus corona virus disease 2019 atau Covid-19 di Jakarta membuat ketersediaan tempat tidur di sejumlah rumah sakit terus menipis. Sejumlah antisipasi pun dilakukan, salah satunya dengan menambah rumah sakit untuk melayani pasien yang terpapar.

Dengan menggencarkan pelacakan, menurut Ariza, maka semakin banyak pasien Covid-19 yang ditemukan dan segera ditangani agar tak memicu penularan yang lebih luas lagi. “Jadi tepatnya dipusatkan di RS Sultan Suriansyah saja, kita dapat bantuan BPBD juga untuk tenda darurat bagi pasien,” ia menambahkan. Menurutnya, langkah DKI Jakarta yang menerapkan PSBB sesuai dengan tahapan penanganan Covid-19 seperti melakukan prakondisi, timing, prioritas, koordinasi dengan pemerintah pusat dan monitoring serta evaluasi.

Lonjakan kasus Covid-19 sudah diantisipasi dengan penambahan jumlah tempat tidur dan rumah sakit rujukan sejak dua pekan lalu. Kapasitas tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 di RSUP Fatmawati terdapat 261 tempat tidur. Jumlah tersebut terdiri atas 9 tempat tidur intensive care unit ventilator, 109 tempat tidur ICU non-ventilator, 53 tempat tidur isolasi tekanan negatif, dan ninety tempat tidur isolasi tanpa tekanan negatif. RSUD Koja, Jakarta Utara salah satu fasilitas kesehatan yang mengalami lonjakan pasien. Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, saat ini memang tersisa sixty four tempat tidur di 23 rumah sakit rujukan Covid-19 Tangsel. Hanya saja, jumlah pasien yang mengantre untuk dapat masuk ke rumah sakit lebih dari itu.

Untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19, pemerintah terus berupaya menambah kapasitas tempar tidur isolasi dan ICU. Kastara.ID, Jakarta – Tren perkembangan pandemi Covid-19 di DKI Jakarta mulai menunjukkan tren positif. Tingkat Keterisian one hundred forty rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayah DKI Jakarta menurun Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 selama dua pekan terakhir. Kondisi ini membaik usai dihantam ledakan virus Covid-19 gelombang kedua sejak dua bulan lalu. Untuk mengantisipasi penuhnya rumah sakit rujukan Covid-19, Satgas pun mempersiapkan ribuan tempat tidur di rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta untuk merawat pasien corona dengan kategori sedang dan ringan.

Berdasarkan knowledge Dinkes DKI, dari total 1.026 tempat tidur di ICU, yang terisi sudah mencapai 846 atau 82 persen dari kapasitas. Adapun, untuk tempat tidur isolasi dari total 7.780, yang terisi mencapai 6.773 atau mencapai 87 persen. Jakarta, Beritasatu.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui bahwa kapasitas rumah sakit untuk menangani pasien Covid-19 di Jakarta masih terbatas dan sudah penuh. Hal ini mengakibatkan ribuan pasien Covid-19 harus rela mengantre untuk mendapatkan kamar IGD.

Comments are closed.