Apa Yang Harus Dilakukan Agar Mencegah Klaster Keluarga Di Indonesia?

Written by Andali on February 16, 2021 in LIP with no comments.

Padahal, penularan bisa terjadi lewat orang yang dikenal ataupun tidak dikenal,” kata dia. Keempat, tetap terapkan protokol kesehatan saat menerima kunjungan orang lain ke rumah. Selain menggunakan masker, penularan Covid-19 juga dilakukan dengan menjaga jarak dari orang lain dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Hindari kerumunan baik di dalam maupun di luar rumah bersama dengan orang lain. Yang terakhir, akan lebih baik untuk tidak berkumpul di saat seperti ini. Langkah ini dilakukan untuk kebaikan bersama, sebagai bentuk kasih kita terhadap sesama agar mengurangi risiko terpapar virus corona.

Jadi akan dilakukan swab di kampung, untuk segera tahu bila ada yang positif, ini demi keselamatan panjenengan semua,” ujar Eri kepada warga. Perbedaan kemampuan pada setiap wilayah untuk menyediakan lokasi isolasi terpusat lengkap dengan pengawasan tenaga medis, membuat pemerintah senantiasa melahirkan terobosan demi mengatasi persoalan yang ada. Untuk itulah, Anies menegaskan, pihaknya sudah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran dan beberapa hotel untuk dijadikan tempat isolasi pasien terpapar Covid-19. Bagi pasien Covid-19 yang menolak menjalani isolasi di tempat yang sudah disediakan, Anies menegaskan, akan dilakukan penjemputan oleh petugas dan aparat penegak hukum.

Banyak sekali klaster keluarga saat pandemi ini

Ketika kita mampu mengamankan keluarga, ia yakin bahwa kita bisa paling tidak memutus rantai untuk keluarga dan lingkungan sekitar. Beberapa jam setelah mengumumkan bahwa dirinya positif COVID-19, Iga Massardi menggunggah Instagram tales berisikan aktivitas Casino Online yang tengah dia jalani. Pun dengan istri dan dua asisten rumah tangganya, meski positif COVID-19 tapi nilai Ct atau Ct value-nya cukup tinggi, sekitar 35. Liputan6.com, Jakarta – Vokalis Barasuara, Iga Massardi mengumumkan bahwa dia positif COVID-19.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, Kasus positif Covid-19 di wilayahnya terus meningkat. Kini positivity price atau rasio positif Covid-19 di Kota Bekasi bahkan melonjak tinggi diangka 10,4 persen. Suara.com – Satgas Penanganan Covid-19 mengakui kalau kondisi pandemi Covid-19 tahun ini dirasa lebih sulit dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut terjadi lantaran penularan virus Corona telah semakin menyebar luas. Ketika ada warga di lingkungan rumah yang terpapar Covid-19, jangan panik.

Hal itu bisa terjadi dari penularan droplet dan aerosol yang mengandung virus pada hidung atau mulut dari orang yang terjangkit melalui udara, saat ia batuk atau bersin. Hasil dari droplet yang mengandung virus, mampu menempel pada permukaan benda dan bertahan selama 2-3 hari. Ironisnya, partikel aerosol yang berukuran kurang dari 5 mikro mampu menyebar di udara dalam waktu sekitar 3-8 jam. Dengan demikian, orang yang rentan dapat terinfeksi bila menghirup aerosol yang mengandung virus.

Kemudian memastikan sirkulasi udara di dalam rumah berjalan dengan baik, dengan cara sering membuka jendela maupun pintu agar udara bisa bergantian. Karena itu, ia mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan dalam kegiatan di masa libur panjang. Hal tersebut demi mencegah penularan virus Covid-19, baik ke anggota keluarga, kolega maupun orang lain.

Baru-baru ini, perkantoran menjadi kluster baru dalam penyebaran virus tersebut. Ancaman penyebaranvirus coronadari klaster keluargapun juga semakin meningkat. Bila merasa kondisi makin memburuk dan nggak kunjung sembuh segara periksa ke dokter dan lakukan tes swab.

Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Pandu Riono pernah mengatakan jika klaster keluarga sebagai salah satu penyumbang kasus COVID-19 terbanyak di DKI Jakarta. Pengalaman Arief adalah contoh bagaimana usaha isolasi mandiri dilakukan akibat penularan di tempat kerja yang berasal dari keluarga para pekerjanya. Wali Kota Eri mengatakan, Pemkot Surabaya menerapkan standar penanganan Covid-19 berbasis RT. Apabila dalam satu RT ditemukan three sampai 5 kasus Covid-19, seharusnya dalam satu wilayah itu ditutup dan dilakukan swab massal semua warganya. Bagi yang hasil swab PCR negatif, akan dilakukan vaksin bila memang belum menerima vaksin. Salah satunya dari kebijakan inovatif yang dilakukan daerah adalah menyediakan sejumlah tempat isolasi terpusat di level terkecil masyarakat.

Penyebaran Covid-19 di Indonesia telah menggila dalam sebulan terakhir. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun juga banyak yang terdeteksi terpapar Covid-19. Hal tersebut menjadi kendala bagi Pemkot Denpasar untuk melakukan isolasi terpusat. Dengan penambahan ini, maka total tempat tidur untuk isolasi terpusat menjadi 799 tempat tidur. Sehingga kami punya 4 resort dan dua mess yakni Bapelkes dan LPMP untuk melakukan isolasi terpusat,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai. Beritajatim.com adalah media on-line berbasis di Surabaya dan fokus untuk wilayah Jawa Timur.

Dari hasil tes tersebut dan didapat konfirmasi positif COVID-19, ujar Budi, pemerintah dengan dibantu TNI dan Polri akan mendorong penyekatan atau isolasi untuk menekan penularan COVID-19. Jika dimungkinkan untuk isolasi mandiri, maka akan dilakukan isolasi mandiri, namun jika tidak akan dilakukan isolasi terpusat. Banyak orang mengira jika Desember 2020 pandemi akan berakhir dan tahun 2021 kondisi akan kembali regular.

Comments are closed.