Bpjs Ketenagakerjaan Bantah Ada Praktik Calo Klaim Pencairan Jht

Written by Andali on March 6, 2021 in LIP with no comments.

Bisa juga karena masa kerja yang singkat cuma beberapa bulan sehingga pihak perusahaan menganggap si pekerja belum layak diberi paklaring atau surat pengalaman kerja. Padahal berapa pun lamanya bekerja, kita berhak dibuatkan paklaring karena berkas tersebut merupakan syarat untuk bisa menarik dana JHT kita. Melalui layanan tersebut prosedur klaim JHT yang sebelumnya mengharuskan peserta hadir dan membawa dokumen asli ke kantor cabang BP Jamsostek kini dapat dilakukan sepenuhnya via Judi Online online. Dengan demikian seluruh pekerja tetap bisa melakukan klaim JHT dari rumah.

Jaminan sosial merupakan hak warga negara yang dijamin oleh UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial nasional, termasuk jaminan sosial ketenagakerjaan bagi tenaga kerja non ASN. Karena itulah optimalisasi jaminan sosial ketenagakerjaan memerlukan peran serta semua pihak. Dan kalau sudah punya, tolong dijaga baik-baik jangan sampai hilang ataupun rusak dimakan tikus! Soalnya nanti jadi repot harus kembali mendatangi perusahaan untuk mengurus paklaring. Iya kalau pihak perusahaan bersikap bersahabat, kalau dipersulit? Jakarta, Beritasatu.com – Saat banyak pekerja mengalami pemutusan hubungan kerja dan mengajukan klaim jaminan hari tua Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan justru tidak memberikan pelayanan.

Dana jamsostek diperulit

Saya diminta menunggu maksimal lima hari kerja untuk proses pencairannya. “Ternyata ada heterogenitas dari pekerja dalam menjalani pelayanan klaim OL BP Jamsostek. Tidak semua pekerja bisa melakukan proses klaim OL tersebut, di tengah wabah corona ini harusnya BP Jamsostek mempunyai mitigasi resiko dalam kekurangan pelayanan yang ada,” kata Dadan.

Sore harinya saya menerima e-mail lagi yang menyatakan bahwa semua dokumen yang diperlukan sudah memenuhi persyaratan. Saya diminta datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa semua dokumen asli berikut salinannya.

Peserta yang masih aktif bekerja di perusahaan atau sedang mempersiapkan masa pensiun dapat mengajukan klaim saldo JHT 10 persen atau 30 persen. Masalah berikutnya menurut Syarif adalah kesulitan dalam membayar uang muka dan cicilan setiap bulannya. Untuk dua masalah tersebut, Syarif mengaku, pihaknya telah mengatasinya dengan mengeluarkan dua kebijakan seperti penurunan suku bunga dari 10 persen menjadi hanya 1 persen dan bantuan uang muka senilai Rp four juta. Sedangkan untuk cicilan, pemerintah telah menurunkan suku bunga menjadi flat 5 persen dengan tenor yang tadinya hanya 15 tahun menjadi 20 tahun. Data dari BTN menunjukkan umumnya mereka yang bisa mencicil itu relatif selesai tidak sampai 20 tahun, bahkan 15 tahun atau kurang sudah bisa selesai. “Saya harap BPJS ketenagakerjaan tetap melaksanakan kewajiban pelayanan terhadap peserta BP Jamsostek sesuai protokol Covid-19,” katanya.

“Kami mohon maaf atas kondisi ini dan sebagai alternatif untuk memudahkan peserta, dapat dilakukan pendaftaran on-line sesuai dengan ketersediaan jadwal pada kantor cabang yang terdapat pada antrean on-line,” jelas Irvansyah. Itulah beberapa informasi mengenai cara mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Mama dalam proses pencairan jaminan hari tua maupun jaminan lainnya dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya harap BPJamsostek tetap melaksanakan kewajiban pelayanan terhadap peserta BPJamsostek sesuai protokol Covid-19,” katanya. Jika dokumen dinyatakan lengkap dan telah lolos verifikasi petugas, klaim JHT akan ditransfer ke rekening bank milik peserta. Peserta juga bisa melacak proses pengajuan klaim JHT melalui menu Tracking di BPJSTKU untuk mengetahui secara pasti proses klaim yang sudah diserahkan. “Prosedur klaim JHT melalui mekanisme Layanan Tanpa Kondisi Fisik , sudah sangat memudahkan peserta, dengan tetap memperhatikan keamanan knowledge dan dana JHT peserta dari potensi fraud, serta tidak dipungut biaya sepeser pun,” jelas Utoh. Menurut dia, BPJS Ketenagakerjaan telah menyediakan layanan secara daring, sehingga pekerja tetap bisa melakukan klaim JHT dari rumah. Klaim untuk mendapatkan nomor antrean on-line pencairan program Jaminan Hari Tua dapat dilakukan dengan dua cara yakni melalui website dengan alamat antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau aplikasi BPJSTKU yang dapat diunduh dari playstore.

Comments are closed.