Cara Cerdas Menyiapkan Biaya Kuliah Sambil Bekerja

Written by Andali on July 4, 2020 in Efek vaksinasi covid with no comments.

Kesuksesan dapat diraih baik di bidang akademik maupun tempat kerja. Siapkan waktu khusus hanya untuk mengulang segala hal yang telah kamu pelajari di kelas. Matikan telefon dan sambungan internet, kecuali jika kamu membutuhkan sesuatu terkait hal yang sedang kamu pelajari.

Sebaiknya anda menikmatinya dengan perilaku yang bertanggung jawab. Tidak semua orang bisa mempercayakan pekerjaan yang harus dilakukannya kepada orang lain. Namun untuk menjalankan sebuah bisnis, Anda harus menyadari bahwa tentu Anda tidak bisa mengerjakan semuanya seorang diri. Setelah tadi Anda membuat record daftar pekerjaan-pekerjaan yang harus Anda lakukan, langkah selanjutnya adalah menyusun jadwalnya. Kapan mengerjakan, berapa lama waktu yang digunakan untuk mengerjakan hal-hal tersebut.

Jika kamu memiliki banyak tugas kuliah, maka manfaatkanlah waktu diluar lima jam itu untuk mengerjakannya. Jangan membuang-buang waktu kamu untuk mengerjakan hal yang tidak perlu. Kerja half time sering kali dilakoni oleh para mahasiswa agar mendapatkan uang tambahan, baik itu untuk jajan ataupun untuk membiayai keperluan kuliah. Namun, sayangnya, banyak mahasiswa yang kesulitan mengatur waktu antara kuliah dan kerja half time.

Namun, cara terbaik supaya Anda tidak pusing nantinya, setiap bulan, Anda harus membuat daftar biaya apa saja yang selalu dikeluarkan selama satu bulan. Saat ini, sudah ada banyak universitas yang memberikan keringanan biaya kuliah dengan diangsur setiap bulannya. Sehingga Anda juga jangan lupa untuk mencatat angsuran biaya kuliah di dalam daftar rencana anggaran tersebut. Sudah banyak orang yang mengambil keputusan untuk bekerja sambil kuliah dengan alasan yang berbeda.

Karena keterbatasan itulah, kamu perlu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Membuat planning harian dengan cara mencatat apa saja yang akan kamu kerjakan besok, dapat membuat tubuh dan pikiranmu selangkah lebih siap. Kamu harus memberitahukan kegiatan kuliah di waktu luang pada rekan tim atau leader. Ini penting agar mereka memahami apa yang sedang kamu lakukan. Ingat, kamu cuma punya 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu, ga kurang ga lebih.

Apabila tempat kerja anda menggunakan sistem kerja shift maka koordinasi dengan atasan dan rekan kerja menjadi hal yang wajib. Dengan begitu anda pun akan dapat mensiasati waktu kerja menjadi lebih mudah untuk dilakukan bersamaan dengan kuliah kelas karyawan. Hal terpenting lainnya yang juga wajib kamu terapkan adalah dengan menentukan skala prioritas yang wajib untuk diperhatikan. Ada kalanya, kamu harus mendahulukan UAS dalam kesibukan kuliah dan bekerja kamu.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Selain atasan, tim kerja juga perlu diberi tahu untuk mendukung kuliahmu. Mereka akan memberikan toleransi jika komunikasi sudah berjalan lancar. Kamu harus memiliki target waktu untuk memperoleh gelar sarjana. Begitu juga sebaliknya, jangan biarkan prestasi kerja menurun karena kamu ngebut untuk memperoleh gelar sarjana. Jika Anda menambahkan catatan ke dalam kalender di ponsel, misalnya tenggat tugas kuliah, jadwal ini akan muncul juga di desktop Anda di rumah.

Carilah orang-orang yang sukses entah itu dari Indonesia maupun dari luar negerti seperti bill gates, mark zuckeberg, soekarno, albert einstein dan lain-lain. Walaupun begitu bukan berarti kita dilarang untuk bermain HP dan TV, hanya saja waktunya dikurangi. Kamu bisa menggantinya dengan membaca buku, menulis, atau mengerjakan tugas-tugas kuliahmu. Manajemen waktu yang baik adalah dapat memanfaatkan waktu luang tersebut dengan kegiatan yang bermanfaat, terlebih lagi aktivitas yang produktif dan dapat menghasilkan keuntungan/uang.

Comments are closed.