Cara Mengatur Waktu Kuliah Sambil Kerja Agar Seimbang

Written by Andali on July 4, 2020 in Efek vaksinasi covid with no comments.

Kita yang inisiatif mencari tahu bagaimana inspirator kita memanfaatkan waktu. Tips manajemen waktu yang ke-6 adalah dengan meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat. Tentu saja kamu akan lebih memiliki waktu luang lagi, yang bisa kamu gunakan untuk aktivitas lain yang lebih berfaedah. Talenta mampu memberikan pengalaman dan kemudahan dalam mengelola karyawan mulai dari manajemen jam kerja karyawan, manajemen payroll, hingga manajemen benefit.

Kata al-‘ashr semula bermakna memeras, yaitu menekan sesuatu sehingga isinya keluar. Para ulama sepakat mengartikannya dalam konteks ayat ini dengan “waktu”. Namun, bukan sekadar “waktu” yang ingin ditekankan maknanya di sini, melainkan konsekuensi masa lalu yang berakibat ke masa berikutnya . Hal ini terlihat dari penggunaan dalam beberapa istilah terkait.

Jika memungkinkan bahkan institusi pendidikan dapat memberikan wadah dan juga referensi bagi mahasiswa yang akan mengambil pilihan untuk melakukan kerja part time. Dengan memiliki kegiatan lain disamping kuliah, para pekerja part-time dituntut untuk dapat membagi waktu dengan baik. Terbiasa membagi waktu akan membuat terbiasa untuk membuat manajemen waktu dengan baik. Maka kita tahu kapan deadline pengumpulan tugas kuliah dan deadline pekerjaan.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Karena itu pilih tempat kuliah yang dekat dengan tempat kerja. Apalagi jika kamu kerja sambil kuliah di Jakarta, pikirkan waktu tempuh karena kemacetan akan membuat kamu ketinggalan mata kuliah. Kamu harus pintar-pintar membagi waktu agar kerjaan dan kuliahmu tidak berantakan. Perlu diingat, kerja sambil kuliah S2 atau S3 bukan sesuatu yang mudah dijalankan. Cari tahu kegiatan apa saja yang perlu Anda lakukan agar tujuan Anda bisa tercapai lalu tentukan goal untuk diri sendiri.

Minta dia memberi kompensasi pulang lebih awal agar kamu tidak terburu-buru untuk pergi kuliah. Kesibukanmu yang begitu padat jangan kamu jadikan alasan untuk nggak makan ya, Bela! Tetaplah makan dengan teratur agar tubuh kamu tetap bugar serta nggak gampang sakit. Untuk tahu mana yang penting dan tidak serta pos pengeluaran mana yang bisa dihapus, lakukan seleksi pada pengeluaranmu.

Kuliah saat sudah berumah tangga ini sangat berbeda kondisinya dengan kuliah dulu. Jika dulu Mam masih bisa belajar dan mengerjakan tugas perkuliahan, maka sekarang situasinya sangat berbeda. Mam akan disibukkan dengan kegiatan rumah tangga atau pekerjaan kantor. Oleh karena itu, jika ada waktu luang sedikit, Mam harus langsung memanfaatkannya untuk belajar. Membuka kembali buku kuliah dulu akan me-refresh kembali otak Mam agar tidak kaget menghadapi bangku kuliah nantinya. Jangan sampai lupa istirahat karena deadline tugas kuliah atau pekerjaan yang menumpuk.

Jangan sampai kualitas hidup dan kesehatan kamu semakin menurun hanya karena kurang istirahat. Pasalnya, obat terbaik untuk semua penyakit bukan minum obat dan vitamin sebanyak-banyaknya, tapi meluangkan waktu untuk tidur. Meskipun bekerja dan kuliah, kamu juga terkadang perlu refreshing. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu terlalu banyak untuk hang around. Kamu harus tetap bijak dalam menerima ajakan dari teman-teman kamu yang ingin mengajakmu bersenang-senang. Kamu harus paham dengan posisimu saat ini yang sedang bekerja dan kuliah.

Comments are closed.