Cara Menggunakan Masker Dobel Yang Benar, Wajib Simak!

Written by Andali on March 22, 2021 in LIP with no comments.

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan virus corona jenis baru yang menular sangat cepat, luas, dan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini menular lewat percikan batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi Covid-19. Penularan terjadi apabila menghirup percikan batuk atau bersin tersebut atau menyentuh mata, hidung, mulut dengan tangan yang terkena percikan tersebut. Studi di CDC di Amerika Serikat, kata Reisa, juga meneliti fungsi masker menutupi bagian hidung dan mulut.

Masker double sangat membantu dalam efektivitas penularan

Seperti dikutip dari Business Insider, menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh CDC AS, masker dobel terbukti sangat efektif dalam mencegah penyebaran COVID-19. Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Alexander Ginting mengatakan kalau memakai masker dobel seperti masker N95 dan KN95 tidak dianjurkan. Pasalnya pelindung wajah jenis ini sudah memiliki standar untuk menyaring bakteri dan virus. Misalnya untuk jenis N95 sudah memiliki tingkat perlindungan hingga ninety five %, sehingga tidak perlu menggunakan rangkap. B. Berdasarkan knowledge dari web kesehatan Alodok, ada penelitian yang menunjukan pemakaian masker dobel lebih efektif untuk mencegah penularan covid -19 ketimbang hanya menggunakan satu masker saja. Hasilnya masker medis yang digunakan sendiri hanya memblok 56,1 persen partikel dari percobaan batuk.

Karena kita tidak bisa kalau mau marah-marah, hati ini miliknya Allah. Maka dari itu, dr. Nafiandi, Sp.PK, Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bhakti Wara menghimbau untuk memperhatikan penggunaan masker oleh masyarakat. Centers for Disease Control and Prevention mengungkapkan bahwa penggunaan masker dobel lebih efektif mencegah penularan virus corona. Menggunakan masked medis di dalam, kemudian masker kain di luar – dapat meningkatkan efektivitas filtrasi masker, serta dpat memblokir sebesar 80 persen partikel. Memakai dua rangkap masker medis, termasuk disposable mask tidak dapat memberikan perlindungan efektif, sebab masker bedah masih memiliki area open face di sisi samping – dan berpotensi menyebabkan kebocoran.

Maka dari itu, pemberikan Vaksin Covid-19 pada lansia harus diberi jarak 28 hari agar tubuh diberi kesempatan untuk membentuk antibodi sehingga pada hari ke – 28 tubuh akan diberi booster lagi dengan Vaksin Covid-19 kedua. DR. dr. Rachmat Latief, Sp.PD, KPTI, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Pentakit Infeksi Tropis Primaya Hospital Makassar mengatakan bahwa kita akan mendapat manfaat yang banyak dari aspek kesehatan ketika berpuasa. Selama asupan kalori cukup dari sahur hingga puasa, maka imunitas tubuh akan tetap terjaga. “Malah tubuh kita akan diberi kesempatan untuk melakukan restorasi bagian tubuh yang mengalami kerusakan. “Alat swab Ag harus mempunyai Nomor Ijin Edar dari Kementerian Kesehatan. Pasien dapat meminta petugas untuk diperlihatkan Sertifikat NIE dari Vendor Alat,” ujar dr. Selvi Josten, Sp.PK, Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Makassar.

Masker medis dilapisi dengan mask fitter untuk mencegah kebocoran dari sisi samping. Deposisi yaitu melalui droplet dan partikel yang dikeluarkan melalui percikan seperti batuk, bersin, dan berbicara. Inhalasi dimana droplet dan partikel aerosol yang terhirup mengandung virus . Pastikan kondom sudah membungkus hampir seluruh bagian Mr. P untuk menjaga efektivitas kondom. Kondom berbahan lateks atau poliuretan lebih disarankan untuk dipakai guna mencegah HIV/AIDS dibanding kondom yang terbuat dari selaput usus domba yang masih memiliki pori-pori kecil di permukaannya. Nah, agar Anda bisa memanfaatkan kondom sebagai sarana terbaik untuk mencegah HIV/AIDS, simak penjelasan singkat di bawah ini.

Cara terakhir dalam melepas masker adalah cucilah tangan dengan sabun pada air yang mengalir atau hand sanitizerapabila tidak ada keran untuk mencuci tangan. Hal ini supaya dapat mencegah terjangkit virus corona yang bisa bertahan di benda mati dalam waktu 72 jam. Cara melepas masker yang juga perlu diperhatikan adalah ketika sudah mencapai 4-5 jam harus dilepas sebab bila melewati jangka waktu tersebut akan memberi dampak yang tidak baik pada kulit wajah di sekitar mulut dan hidung. Jumlah virus, bakteri, debu, atau partikel lainnya sudah di atas regular sehingga wajah akan rentan terkena jerawat dan iritasi sehingga butuh perawatan khusus.

Pemerintah menganjurkan untuk menggunakan masker untuk menghalau penyebaran virus yang terjadi dengan cepat. Masker jenis ini dinilai efektif mencegah percikan droplet dari seseorang yang mengidap COVID-19 hingga 95 persen lebih. Masker kain adalah jenis yang paling mudah dibeli atau dibuat dengan harga murah. Masker ini umumnya direkomendasikan Bola Online untuk menjadi dua lapis dan dilipat di depan untuk memperbesar efektivitasnya. Beberapa string untuk mengikat membantu mengencangkan masker di sekitar wajah seseorang. Suara.com – Anjuran penggunaan atau masker dua lapis kembali mencuat, di tengah ledakan kasus Covid-19 di Indonesia yang disebabkan oleh virus Corona varian Delta.

Comments are closed.