Dampak Sosial Pandemi Covid 19 Pada Pekerjaan Sektor Publik

Written by Andali on March 16, 2021 in LIP with no comments.

Pembelajaran on-line tidak hanya memindah proses tatap muka menggunakan aplikasi digital, dengan disertai tugas-tugas yang menumpuk. Ilmu teknologi pendidikan mendesain sistem agar pembelajaran online menjadi efektif, dengan mempertimbangkan tujuan pendidikan secara khusus. Hal ini menuntut stakeholder terkahit utamanya para Pengembang Teknologi Pembelajaran harus lebih banyak berinovasi dan mencari terobosan pembelajaran di masa darurat seperti Covid-19 saat ini. Pemerintah tidak harus sendiri, upaya menggandeng banyak pihak penyedia portal daring sangat tepat dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Namun main sektor urusan kebijakkan pembelajaran daring harus dikendalikan dibawah kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pertama, semua guru harus bisa mengajar jarak jauh yang notabene harus menggunakan teknologi.

Pertimbangan itu dilakukan dikarenakan beban keuangan negara saat ini begitu besar akibat pandemic virus corona. Diskusi daring yang melibatkan lebih dari 200 orang ini dihadirkan oleh Knowledge Sector Initiative yang merupakan sebuah lanjutan dari seri KSIxChange oleh KSI untuk memberikan solusi kebijakan publik berdasarkan bukti riset dan praktik baik, yang biasanya dilakukan secara fisik atau pertemuan. Hal tersebut menjadi bukti bahwa menjaga jarak fisik untuk mencegah penyebaran virus melalui kegiatan daring, tak membuat orang kehilangan produktivitas. Bagaimana mengalokasikan sumber daya yang sifatnya terbatas untuk mencapai kesejahteraan masyarakat setinggi-tingginya. Jadi fungsi tujuan-nya adalah kesejahteraan, atauwelfare, bukan pendapatan, atau GDP atau pertumbuhan ekonomi.

Salah satu hal positif tentu adalah kita dipaksa “melek” akan teknologi dan menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Pandemi ini juga memaksa kita untuk perduli pada kesehatan sehingga selalu menerapkan hidup bersih dan teratur. Salah satu usaha yang mengalami peningkatan pada masa pandemi tentu saja adalah usaha di bidang obat-obatan dan alat kesehatan. Usaha lainnya yang juga mengalami peningkatan pada masa pandemi yaitu usaha tanaman hias dan kuliner. Intinya adalah pada setiap musibah atau kejadian akan selalu ada hikmah yang dapat kita petik.

Efek covid memberikan dampak pada ekonomi negara

Selain virus Corona, disrupsi manufaktur global dan tensi geopolitik juga menjadi tantangan yang juga membuat ketidakpastian ekonomi world. Sementara Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan wabah virus Corona diperkirakan menambah ketidakpastian ekonomi world tahun 2020. [newline]Sedangkan menurut ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economy Piter Abdullah mengatakan, sangat disayangkan jika dalam kajian yang dilakukan pemerintah berbuntut pada penundaan pembayaran gaji ke-13 dan pemberian THR. Dalam diskusi yang dimoderatori oleh Andhyta Firselly Utami dari Think Policy Society itu, Vivi mengatakan corona adalah ‘badai’ yang perlu diatasi bersama-sama termasuk metode social distancing. Kelompok miskin mungkin tahu dan mau melakukan upaya jaga jarak fisik namun belum tentu mampu dengan adanya pertimbangan ekonomi yang mengharuskan mereka tetap bekerja untuk keluarga. Pertama, kemungkinan tak mampu melakukan preventif dan social distancing sehingga lebih rentan terkena covid-19.

Setelah melakukan pembatasan, pemerintah menyiapkan masyarakat untuk memasuki era New Normal supaya kegiatan perekonomian kembali bergerak dengan tetap menetapkan protokol kesehatan. Publikasi Profil Masyarakat Kabupaten Cilacap di Era New Normal ini memberikan informasi terkait revenue masyarakat di Kabupaten Cilacap dalam menghadapi dampak Covid-19. Pukulan terhadap perekonomian global Kakek Merah akibat dampak dari pandemi virus corona tidak akan sedrastis dari yang diperkirakan semula, kata Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi OECD dalam rilisnya hari Rabu (16/9).

Kebijakan fiskal tahun 2021 akan diarahkan untuk melanjutkan program penanganan kesehatan dan perlindungan sosial serta program strategis lainnya dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi. Momentum perbaikan ekonomi yang sedang berjalan perlu dijaga dan dilanjutkan di tahun 2021 dan memanfaatkan pandemi sebagai momentum untuk memperkuat reformasi struktural dalam membangun pondasi yang kokoh untuk mewujudkan menuju Indonesia maju. Dahsyatnya penularan Covid-19, membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk melindungi rakyatnya dari pandemi Covid-19, seperti menerapkan Physical Distancing, Pembatasan Sosial Berskala Besar , penutupan sekolah, dan juga Work From Home . Setiap kebijakan yang diterapkan tentu memiliki dampak yang ditimbulkannya baik itu dampak positif maupun dampak negatif, sebagaimana kita tahu bahwa dampak positif dengan diterapkannya kebijakan di atas kesehatan tetap terjaga serta mengurangi angka penyebaran Covid-19. Kalau pekerjaan yang dimiliki tidak stabil maka akan memicu kesulitan ekonomi dalam keluarga.

Sementara proyeksi Center of Reform on Economics Indonesia menyebut dengan pertumbuhan ekonomi Triwulan I 2020 sebesar 2,ninety seven persen, maka penganggur di bulan April-Juni bisa bertambah 6-9 juta orang. Tidak hanya pariwisata internasional saja, di Indonesia sendiri industri pariwisata juga lesu akibat terdampak virus corona. Kebijakan Fiskal – Kebijakan fiskal sebuah negara, seperti meningkatkan pengeluaran pemerintah atau pemotongan pajak akan menyebabkan berkurangnya jumlah uang diinvestasikan ke luar negeri. Hal ini menyebabkan berkurangnya mata uang negara tersebut dikonversikan ke mata uang negara lain sehingga Kurs mata uang negara tersebut meningkat atau semakin tinggi . Kebijakan negara lain menurunkan pajak atau menaikkan suku bunga akan menyebabkan investor akan menarik uangnya dari investasi asing sehingga supply uang untuk transaksi pertukaran mata uang asing berkurang dan Exchange Rate meningkat.

Sedangkan pada jangka menengah dalam menghadapi resesi world selain mengupayakan tindakan antisipasi perlu dilakukan tindakan partisipasi dalam organisasi olahraga. Hubungan antara keluarga dengan lingkungan ibarat rumput dengan tanah tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Adapun pengaruh sistem lingkungan terhadap keluarga mengandung beberapa faktor, yaitu faktor resiko dan faktor protektif. Faktor resiko adalah faktor yang dapat mengancam kesejahteraan keluarga, sedangkan faktor protektif merupakan faktor yang mendukung keluarga untuk menjadi kuat dan tangguh. Generasi tangguh akan menjadi calon pemimpin bangsa dan pemegang roda pembangunan di masa yang akan datang.

Sebagai pengumpulan knowledge, peneliti menggunakan kuesioner dengan pertanyaan tertutup untuk pengunjung dan menggunakan pertanyaan terbuka untuk masyarakat. Masyarakat yang dimaksud terdiri dari beberapa kelompok yaitu kelompok pengusaha, kelompok petani, masyarakat industry dan masyarakat di sekitar eventt berlangsung. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perlu melakukan kegiatan penelitian dengan judul penelitian Dampak Eventt Pariwisata. Melalui kegiatan ini, maka diharapkan dapat diketahui dampak eventt pariwisata dalam pembangunan kepariwisataan di Indonesia.

Kebijakan pemerintah seperti pembatasan sosial berskala besar , Lockdown, pembatasan kegiatan fisik, dan lain-lain tidak terlalu berpengaruh terhadap sektor ini. Selain itu, subsektor ekraf digital memiliki kaitan erat pada sektor ekonomi informasi dan komunikasi yaitu infrastruktur web. Simbiosis mutualisme pun terjadi dari pelaku ekonomi sektor informasi dan komunikasi berupa laba dan subsektor ekraf digital berupa distribusi informasi ke khalayak luas. Melihat sebaran virus corona, organisasi kesehatan dunia WHO telah mendeklarasikan bahwa Covid-19 sebagai pandemi international. [newline]Sebagai upaya penghentian laju penyebaran virus, banyak negara yang menerapkan lockdown untuk menghentikan segala aktivitas keluar maupun yang akan masuk kedalam negeri. Di Indonesia sendiri, meskipun tidak sepenuhnya menerapkan lockdown, namun banyak daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayahnya masing-masing. Masyarakat diminta untuk berdiam diri di rumah dan mengurangi kegiatan diluar rumah.

Comments are closed.