Jangan Takut, Vaksin Astrazeneca Hanya Timbulkan Efek Samping Ringan Ini

Written by Andali on July 9, 2020 in Efek vaksinasi covid with no comments.

Laman Gov.UK menyebutkan dalam uji klinis dengan vaksin, sebagian besar efek samping ringan hingga sedang dapat sembuh dalam beberapa hari. Jika mengalami demam tinggi yang berlangsung selama lebih dari dua atau tiga hari, atau mengalami gejala lain secara terus-menerus, itu mungkin bukan karena efek samping vaksin. “Ini adalah bentuk kehati-hatian pemerintah untuk memastikan keamanan vaksin ini. Kementerian Kesehatan menghimbau masyarakat untuk tenang dan tidak termakan oleh hoaks yang beredar. Masyarakat diharapkan selalu mengakses informasi dari sumber terpercaya,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi.

Efek samping dari vaksin Astrazeneca

Proses vaksinasi memang bisa muncul efek samping, namun hanya berlangsung selama 1-2 hari. Lebih dari 30 juta warga Inggris disuntik dengan vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca. JAKARTA– Setiap obat, termasuk Vaksin AstraZeneca dapat menyebabkan efek samping. tirto.id – Vaksin AstraZeneca ramai diperbincangan warganet di media sosial setelah seorang pemuda 22 tahun asal Buaran, Jakarta, meninggal dunia satu hari usai divaksinasi COVID-19 dengan vaksin AstraZeneca. “Vaksin ini bisa diberikan di atas 18 tahun malah juga untuk lansia (lanjut usia -red).

Proses ini dilakukan untuk memastikan keamanan, khasiat, mutu, dan izin penggunaan dari MUI. Kemudian, Ellen menegaskan jika ingin mendapatkan vaksin, sebaiknya masyarakat yang memiliki penyakit bawaan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan apakah dapat divaksin atau tidak. Juru Bicara Vaksinasi covid-19 Tingkat Pusat & Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, penghentian ini dilakukan sembari menunggu hasil investigasi Komnas KIPI. Obat yang mengandung paracetamol, dikatakannya bisa digunakan untuk mengatasi efek samping semisal nyeri dan atau demam. Akibatnya, delapan negara di Eropa pun menangguhkan penggunaan vaksin tersebut.

Inggris memberikan izin darurat penggunaan vaksin AstraZeneca yang unsur aktifnya disebut AZD 1222. Berbeda dengan dua vaksin yang pertama mendapat izin, vaksin buatan perusahaan Inggris/Swedia ini adalah vaksin vektor yang dikembangkan dari virus flu simpanse yang dilemahkan. Sejauh ini belum ada efek samping vaksin yang dilaporkan, selain reaksi regular yang khas. Pada fase uji klinis, unsur aktif BNT162b2 dari perusahaan BioNTech dari Jerman dan Pfizer dari AS tidak menunjukkan efek samping serius.

Senada, Wakil ketua Komite Bersama Vaksinasi dan Imunisasi, Profesor Anthony Harnden, mengatakan wanita lebih mungkin mengalami efek samping dari suntikan Oxford/AstraZeneca. Perlu kamu ketahui setiap seseorang yang ingin melakukan vaksinasi terlebih dahulu akan dilakukan screening, dan gejala yang muncul di atas tidak selalu diderita oleh semua orang dan kategorinya termasuk ringan sampai sedang. Pertama, sangat umum beberapa orang dikatakan akan mengalami nyeri saat titik suntiknya ditekan, nyeri terasa hangat, gatal atau memar di space suntikan. EMA telah menilai secara menyeluruh data tentang kualitas, keamanan, dan kemanjuran vaksin dan merekomendasikan pemberian izin pemasaran bersyarat untuk orang yang berusia 18 tahun ke atas. JawaPos.com – Malaysia dengan tegas melakukan pengujian sendiri pada semua vaksin Covid-19 yang diimpor untuk memastikan produk tersebut aman bagi warganya. Komite Keamanan EMA dalam sebuah pernyataan menyampaikan bahwa “pembekuan darah yang tidak biasa dengan trombosit darah rendah harus terdaftar sebagai efek samping yang sangat langka.”

Nadia menegaskan, tidak semua batch vaksin AstraZeneca dihentikan distribusi dan penggunaannya, melainkan hanya batch CTMAV547. Sementara itu, pemerintah sedang menjalankan program vaksinasi tahap ketiga yang diawali di provinsi DKI Jakarta. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal. Beri tahu dokter jika Anda menderita HIV/AIDS, lemahnya sistem kekebalan tubuh, atau sedang menjalani terapi dengan obat imunosupresan.

Dari 277 warga sipil, diantaranya ada 70 anak-anak dan forty wanita tewas akibat agresi militer Israel terhadap rakyat Palestina. Kemenkes mengimbau masyarakat untuk tenang, tidak termakan hoaks yang beredar, dan mengakses informasi dari sumber terpercaya. Komunitas ini selain sumber informasi anggota, juga memberikan masukan ke pemerintah. BSSN mendatangi Bareskrim untuk berkoordinasi terkait kasus bocornya knowledge WNI.

Wiku menyebutkan, vaksin yang digunakan aman, berkhasiat, halal, dan minim efek samping. Selain itu, sebagai sumbangsih monitoring masyarakat pada KIPI oleh pemerintah pusat, Komnas KIPI maupun Badan Pengawasan Obat dan Makanan . Dari 31 kasus pembekuan darah langka yang dilaporkan ke Institut Paul Ehrlich Jerman, ditemukan bahwa setiap orang tersebut baru menerima vaksin AstraZeneca. Keamanan vaksin buatan Inggris ini, kata Sri, juga dilihat dari uji klinis yang dilakukan kepada lebih dari 20 ribu sukarelawan yang dikerjakan di Inggris, Afrika Selatan, dan Brazil. Di dalam uji klinis tersebut efek samping yang ditemukan pun bersifat ringan, dan tidak ada yang masuk rumah sakit, apalagi meninggal akibat vaksin AstraZeneca tersebut.

Comments are closed.