Klaim Dana Jamsostek Dikeluhkan Berbelit, Ini Penjelasan Kepala Cabang

Written by Andali on March 6, 2021 in LIP with no comments.

Seperti kita tahu pemerintah membuat program BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi para pekerja Indonesia selama menjadi pekerja, baik dari kecelakaan kerja maupun sakit yang menyebabkan peserta tak lagi mampu bekerja. Ahmad Riza Patria mengatakan, sebagai pengelola dana jaminan sosial pekerja, BPJamsostek mempunyai tugas utama turut menanggulangi dampak besar yang dialami kelompok pekerja saat ini yakni PHK massal. Deputi Direktur Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BP Jamsostek, Irvansyah Utoh Banja, mengatakan sulitnya mendapatkan nomor antrean klaim JHT karena melonjaknya jumlah peserta yang berniat mencairkan dana hari tua tersebut. Layanan pendaftaran di kantor cabang (non-online) hanya berlaku untuk mereka yang memang sudah masuk usia pensiun. Scan atau pindai semua dokumen yang dipersyaratkan, termasuk formulir klaim JHT yang sudah terisi lengkap lalu kirimkan dokumen tersebut melalui email kantor cabang tujuan yang dipilih. Perusahaan atau Pusat Layanan Kecelakaan Kerja dapat mengirimkan dokumen yang dipersyaratkan ke kantor cabang atau pun ke KCP dengan mengikuti prosedur layanan yang ditetapkan.

Anton mengaku baru tahu perubahan regulasi saat Kantor BPJS Ketenagakerjaan memasang spanduk hari Rabu atau persis saat aturan baru diberlakukan. Anton menyebut rata-rata peserta BPJS memiliki simpanan sebesar Rp9 juta hingga belasan juta. Kalau uangnya baru bisa diambil 10% lima tahun lagi, nominalnya ya sudah enggak aji,” cetus warga Kadipiro itu. Dalam pasal 82 ayat 2 menyatakan bahwa pekerja perempuan yang mengalami keguguran kandungan berhak memperoleh istirahat 1,5 bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan yang menangani kasus keguguran Anda. Nah, untuk peserta BPJS TK yang berhenti bekerja karena di PHK perusahaan, maka proses pencairan JHT perlu syarat akta perjanjian bersama dari Peradilan Hubungan Industri .

Dana jamsostek diperulit

Tenang, setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat membuat surat paklaring sendiri di dinas tenaga kerja . Namun lokasi disnaker harus berada dekat dengan kantor lama Anda. Peserta akan diminta mengupload tujuh dokumen untuk mencairkan klaim JHT di BP Jamsostek. Selanjutnya akan ditentukan dalam dua cara apakah proses secara online atau harus ke kantor cabang BP Jamsostek yang dipilih. BPJS telah membuat proses pencairan jaminan hari tua secara online. Namun, masih bisa dilakukan secara offline dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat yang tentunya harus menerapkan protokol kesehatan.

Jika sudah lengkap, petugas memberikan nomor antrean untuk ke bagian pengajuan klaim. Mama akan menerima uang jaminan hari tua ke dalam rekening sesuai jadwal yang telah ditentukan dan diberitahukan oleh petugas. Para pekerja yang telah melakukan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan sebesar 10 persen ataupun 30 persen, selanjutnya bisa mencairan one hundred persen setelah dinyatakan keluar dari perusahaan tersebut.

Kan dari Yamaha Ke Fosta menggunakan kartu yang sama jadi nomor tidak ada perubahan. “ Hal ini jelas bertentangan dengan pasal 44 UU No forty tahun 2004 tentang system jaminan sosial nasional,”jelasnya. Ia membandingkan dengan tata cara pengambilan dana di Jamsostek.

Terhadap setiap pengajuan/rencana penggunaan tenaga kerja asing di Indonesia harus dibatasi baik dalam jumlah maupun bidang-bidang yang dapat diduduki oleh tenaga kerja asing. Oleh karenanya UUK, membatasi jabatan-jabatan yang dapat diduduki oleh tenaga kerja asing. Menyadari kenyataan sejauh ini Indonesia masih memerlukan investor asing, demikian juga dengan pengaruh globalisasi peradaban dimana Indonesia sebagai negara anggota WTO Kong Slot harus membuka kesempatan masuknya tenaga kerja asing. Untuk mengantisipasi hal tersebut diharapkan ada kelengkapan peraturan yang mengatur persyaratan tenaga kerja asing, serta pengamanan penggunaan tenaga kerja asing. Peraturan tersebut harus mengatur aspek-aspek dasar dan bentuk peraturan yang mengatur tidak hanya di tingkat Menteri, dengan tujuan penggunaan tenaga kerja asing secara selektif dengan tetap memprioritaskan TKI.

Ini kan menyusahkan kami, seharusnya kami sudah bisa diproses secara manual karena sistem online ini baru dikeluarkan. Begitu juga dengan dananya, sampai saat ini masih banyak yang mengeluh belum masuk, padahal sudah lengkap semua,” keluhnya saat menjelaskan pada wartawan koran ini, Kamis (3/12). Wakil Ketua Umum Kadin Jakarta‎ Sarman Simanjorang ‎meminta agar BPJS Ketenagakerjaan tidak mempersulit masyarakat yang hendak mencairkan dana. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah benar jika suatu perusahaan berhak untuk tidak memberikan paklaring padahal tujuannya untuk dana JAMSOSTEk bukan mencari pekerjaan yang baru. Alasan saya meminta paklaring semata-mata untuk mencairkan dana JAMSOSTEK saya, bukan untuk mencari pekerjaan baru. Pada tanggal 13 Mei 2020, pihak BPJS Ketenagakerjaan memberitahukan bahwa standing klaim saya sedang dalam proses dan meminta izin saya untuk dibantu dibuatkan pelaporan ke pihak terkait.

Comments are closed.