Pemerintah Atasi Dampak Ekonomi Covid

Written by Andali on February 21, 2021 in LIP with no comments.

Dalam menilai kondisi masa depan, entitas mempertimbangkan berbagai informasi relevan yang tersedia, termasuk misalnya dampak Covid-19 dan kebijakan yang dikeluarkan otoritas/pemerintah untuk mendukung dan memitigasi dampak penyebaran Covid-19 pada perekonomian. Dalam kondisi normal, penjadwalan ulang atau restrukturisasi piutang yang dilakukan oleh pemberi pinjaman mengindikasikan adanya PSRK dan diikuti dengan pembentukan penyisihan KKE sepanjang umur. Debitur yang bisnisnya terkena dampak signifikan dari pandemi Covid-19 mungkin saja akan berhasil pulih dalam masa krisis pandemi Covid-19 berkat kebijakan-kebijakan relaksasi otoritas/pemerintah. Sebaliknya mungkin saja debitur yang bahkan sudah menerima fasilitas jeda pembayaran atau restrukturisasi dari pandemi Covid-19 tetap saja tidak dapat bertahan dan mengalami gagal bayar setelah pandemi Covid-19 berakhir. Entitas perlu melakukan identifikasi dan penilaian, dan menggunakan pertimbangan dalam menilai apakah debitur yang terdampak Covid-19 dapat kembali pulih dan memenuhi kewajiban kontraktualnya setelah berakhirnya jangka waktu restrukturisasi, sehingga tidak terjadi PSRK selama sisa umur ekspektasian dari piutang.

Beberapa cara untuk menolong ekonomi saat ini

Penyaluran BLT juga perlu diikuti dengan ketepatan knowledge penerima bantuan dan perbaikan mekanisme dan kelembagaan dalam penyalurannya sehingga dana BLT tidak salah sasaran dan diterima oleh seluruh masyarakat yang semestinya mendapatkannya. Ini belajar dari pengalaman penyaluran bantuan sosial selama ini yang belum terdistribusi secara merata khususnya bagi masyarakat yang justru membutuhkan. Pertama yang perlu dilakukan pemerintah ialah mempercepat pengobatan dan pencegahan penularan yang lebih luas. Pemerintah harus menerapkan kebijakan at all value seperti pengadaan alat kesehatan penunjang pemeriksaan, ruang isolasi, dan Alat Pelindung Diri .

Gatot bahkan menyarankan agar para petani diberi fasilitas berupa teknologi, modal, dan pemasaran melalui program BUMITANI . Pertanian lokal dan lumbung pangan di tiap wilayah harus dihidupkan kembali untuk membangun nasionalisme. Selain itu, pemerintah juga dianggap perlu untuk memetakan potensi-potensi pertanian yang ada, melakukan stabilisasi Agen Bola Online harga pangan, melakukan konsolidasi terkait lahan pertanian, dan juga membuat regulasi-regulasi yang berkaitan dengan permasalahan pangan yang ada. Ketahanan pangan sendiri memiliki dua kata kunci penting yaitu ketersediaan pangan yang cukup dan merata serta akses penduduk terhadap pangan, baik secara fisik maupun ekonomi.

Konsep ekonomi tolong-menolong, menurut Nany, berbeda dengan prinsip ekonomi yang pada saat permintaan terhadap suatu produk sedang tinggi maka penjual dapat mencari keuntungan yang maksimal. Ekonomi tolong-menolong dibangun dari budaya tolong-menolong sebagai kearifan lokal. Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Widya Mataram , Nany Noor Kurniyati, SE., MM., M.Sc mengungkapkan ada hal yang dapat menyelamatkan masyarakat untuk tetap bertahan di tengah pandemi yakni dengan menerapkan ekonomi tolong-menolong.

IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 0.5%, sementara SDGs Center UNPAD memproyeksikan antara 1.zero – 1.8%. Jauh melampaui pertumbuhan ekonomi yang terjadi selama beberapa tahun terakhir yang berada di kisaran 5%. [newline]Dalam analisis outlook ekonomi yang dilakukan UNPAD, pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bahkan bisa turun lebih besar dari nasional menjadi antara -2.1% dan 0.6% . Sebagai dampaknya, berbagai agenda pembangunan seperti pengentasan kemiskinan dan peningkatan IPM akan mengalami gangguan serius. Pengangguran diprediksi akan meningkat dari 8% di tahun 2019 menjadi 12% dalam skenario terparah. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh sumber penghasilan tambahan yaitu Membuka bisnis baik itu bisnis on-line maupun bisnis yang sesuai dengan hobi atau minat atau juga berdasarkan peluang yang ada di sekitar kita. Manfaat dari pertumbuhan ekonomi harus dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat bukan hanya oleh si kaya tapi juga oleh pihak yang kurang beruntung .

Selain akses pembiayaan, UKM juga menemui kesulitan dalam hal akses terhadap informasi. Minimnya informasi yang diketahui oleh UKM, sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap kompetisi dari produk ataupun jasa dari unit usaha UKM dengan produk lain dalam hal kualitas. [newline]Efek dari hal ini adalah tidak mampunya produk dan jasa sebagai hasil dari UKM untuk menembus pasar ekspor. Namun, di sisi lain, terdapat pula produk atau jasa yang berpotensial untuk bertarung di pasar internasional karena tidak memiliki jalur ataupun akses terhadap pasar tersebut, pada akhirnya hanya beredar di pasar domestik. Sistem ekonomi dan pembangunan yang tidak liberalistik dan menindas kaum lemah dan terpinggirkan.

Instrumen keuangan makin terlepas dari underlying transactions yang seharusnya melandasinya. Kegiatan yang lepas dari underlying transactions-nya kemudian berkembang menjadi gelembung atau bubbles. Karena dinamika internnya sendiri, gelembung makin membesar, dan akhirnya pecah.

Program dan rencana yang diberikan bertujuan untuk membantu karyawan membangun dan melindungi keamanan finansial mereka serta membantu mereka dan anggota keluarganya memenuhi beragam kebutuhan. Bila Anda bergabung dengan HSBC, Anda akan mendapatkan peluang untuk bekerja dalam lingkungan kerja sama yang saling mendukung yang memungkinkan kami untuk mengembangkan dan mempromosikan Anda sesuai dengan aspirasi. Publikasi DSAK IAI ini bertujuan untuk memberikan petunjuk apakah pandemi Covid-19 merupakan peristiwa setelah tanggal periode pelaporan yang dapat memengaruhi laporan keuangan 2019. Juga menarik untuk menganalisis sampai tingkatan mana beberapa ciri kebudayaan-kebudayaan Indonesia membatasi pertumbuhan PDB .

Pandemi Covid-19 membuat aktivitas ekonomi tersendat dan pelaku usaha sulit mendapatkan pemasukan. Terakhir, saat nilai tukar Dollar meningkat, banyak dari masyarakat Indonesia yang menukarkan Rupiah mereka dengan harapan mereka dapat memperoleh keuntungan di masa mendatang. Maka dari itu, kita semua perlu memupuk rasa nasionalisme yang kuat agar tidak ikut tergoda mengambil keuntungan dari penurunan nilai Rupiah tersebut.

Comments are closed.