Setahun Corona Di Ri, Ini Three Dampaknya Ke Ekonomi

Written by Andali on March 17, 2021 in LIP with no comments.

Kemudian sistem yang terintegrasi dan peralihan penggunaan kendaraan umum oleh masyarakat diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan memperlancar arus lalu lintas. Pengurangan kendaraan yang berdampak pada menurunnya tingkat kemacetan lalu lintas tentunya dapat memberikan dampak pula terhadap penurunan polusi. Baik itu polusi udara akibat asap kendaraan maupun polusi suara karena bunyi klakson kendaraan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa DKI Jakarta layak menjadi percontohan bagi kota besar lainnya dalam penerapan kota pintar sebagai upaya akselerasi pembangunan. Belum lama ini, DKI Jakarta berhasil memenangkan Sustainable Transport Award yang diselenggarakan secara digital pada tanggal 26, 28, dan 30 Oktober 2020 dan menjadi kota pertama di Kawasan Asia Tenggara yang berhasil memenangkan penghargaan tersebut. Pengumuman pemenang dari STA ini dilakukan pada konferensi transport internasional, MOBILIZE 2020.

Efek covid memberikan dampak pada ekonomi negara

Tidak hanya kesehatan manusia, virus ini juga mengganggu kesehatan ekonomi di seluruh dunia. Komite Stabilitas Sektor Keuangan , kata Ani, memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam skenario terburuk bisa minus zero,four persen. Saat ini ekonomi world mengalami krisis akibat pandemi Covid-19, indeks bursa saham rontok. Nilai tukar rupiah terhadap dollar USA melemah hal ini diakibatkan banyaknya investor asing meninggalkan pasar keuangan Indonesia, pasar saham anjlok, mempengaruhi perekonomian dalam negeri.

Diperkirakan bahwa untuk setiap penurunan 1 persen dari pertumbuhan PDB Cina, ekspansi perekonomian Indonesia berkurang zero.3 persen. Kedua, dan ini adalah salah satu kelemahan struktural di ekonomi Indonesia, kinerja ekspor dan impornya hanya merupakan porsi yang relatif kecil dari whole ekonomi Indonesia. Rasio perdagangan-terhadap-PDB Indonesia sebenarnya sangat rendah, sekitar forty persen (jauh di bawah rasio rata-rata dunia yang berkisar persen). Rasio rendah ini menunjukkan bahwa Indonesia tidak terintegrasi dengan baik di dalam rantai pasokan dan rantai nilai global. Ini adalah situasi yang menyiratkan bahwa ada peluang yang terlewatkan dalam hal investasi , dalam hal menghasilkan pekerjaan baru, dan – lebih umum – dalam hal pertumbuhan ekonomi dan sosial.

Lebih dari forty juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi Covid-19 dan lebih dari 1 juta orang meninggal dunia. Banyak negara yang terpaksa melakukan karantina dengan menutup sekolah, tempat kerja, hotel, restooran dan berbagai tempat publik sehingga berdampak pada jatuhnya perekonomian mereka. Ani menjelaskan, kondisi sekarang ini akan berimbas pada menurunnya konsumsi rumah tangga yang diperkirakan 3,2 persen hingga 1,2 persen. Namun, dengan adanya COVID-19, diprediksi investasi akan merosot ke stage Link Kong4D satu persen atau terburuk bisa mencapai minus empat persen. Kondisi tersebut kemungkinan akan berlanjut dan semakin terkontraksi di bulan Mei, mengingat di bulan April sebagian daerah sudah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa wilayah terdampak. Sejalan dengan penerapan WFH dan PSBB tersebut, Pemerintah memberikan fasilitas perpajakan berupa relaksasi pembayaran PPh Pasal 29 OP dan pelaporan SPT PPh OP, yang mana berimbas pada belum optimalnya realisasi penerimaan PPh Pasal 29 OP.

Dalam perspektif Islam, penting rasanya untuk mampu membedakan jenis investasi yang halal atau haram. Maka dari itu, diperlukan referensi-referensi yang mendasar seperti buku Islamic Financial System dan buku Islamic Capital Market. Kita juga harus mendapatkan sumber-sumber bacaan yang bersifat up-to-date untuk memahami aktivitas investasi secara riil. Selain itu, arus investasi juga bisa diperhatikan lewat pembaruan-pembaruan yang diberikan oleh lembaga-lembaga terkait seperti Lembaga Manajemen Aset Negara. Fluktuasi di pasar modal mempengaruhi perilaku investor dalam berinvestasi karena kita menganalisis pasar modal tidak hanya sekedar melihat angka saja, tetapi kita juga melihat dari aspek keuangan perilaku atau ekonomi perilaku seorang investor.

Comments are closed.