Strategi Ekonomi Sektor Pertanian Di Tengah Pandemi Covid

Written by Andali on February 20, 2021 in LIP with no comments.

Tahun 2020 adalah masa yang menjanjikan begitu banyak peluang karena di tahun tersebut akan terwujud apa yang dimimpikan para pemimpin ASEAN yang tertuang dalam Bali Concord II. Suatu komunitas ekonomi ASEAN, yang peredaran produk-produk barang dan jasanya tidak lagi dibatasi batas negara, akan terwujud. Menjadi positif apabila produk dan jasa UKM mampu bersaing dengan produk dan jasa dari negara-negara ASEAN lainnya, namun akan menjadi negatif apabila sebaliknya. Untuk itu, kiranya penting bila pemerintah mendesain program yang jelas dan tepat sasaran serta mencanangkan penciptaan 20 juta UKM sebagai program nasional.

Lebih jauh pria ramah itu berpesan agar setiap individu harus terus membarui literasinya, pengetahuan dan mengikuti perkembangan kemajuan teknologi informasi. Yang tak kalah penting, masyarakat juga harus lebih bijak dalam bermedia sosial dan tidak menelan informasi mentah-mentah. Lietrasi keuangan akan menjadi salah satu benteng kuat untuk menangkal berbagai kemungkinan seseorang terangkap dalam tindak penipuan. Inovasi Kota Malang yang dilombakan pada Sinovik 2021 adalah, Si Ikan Nila atau Sentra Intensif Budidaya Ikan Nila Sistem Bioflok dari Kelurahan Bakalankrajan. Budidaya ikan nila ini memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kota Malang.

Jika Anda ingin turut serta dalam meningkatkan perekonomian nasional, menanamkan modal atau pendanaan bagi rintisan usaha masyarakat merupakan hal efektif yang bisa dilakukan mulai dari sekarang. Kebijakan pembiayaan UMKM saat ini untuk inovasi produk/jasa keuangan yang cocok untuk UMKM dalam sistem keuangan nasional masih kurang. Pembiayaan UMKM terlalu fokus pada bank dan berbentuk kredit dengan berbagai variasi subsidi , rentan terhadap Kakek Merah “moral hazard”. Instrumen dan peran lembaga non-bank dalam menyokong UMKM belum maksimal dan masih bersifat sporadis. Keseluruhan indikator ekonomi makro tersebut selalu dijadikan acuan dalam penyusunan kebijakan pemberdayaan UKM serta menjadi indikator keberhasilan pelaksanaan kebijakan yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Dalam Pasal 34 ayat UUD 1945 ditegaskan pula,”Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang”.

Tidak boleh ada perbedaan perlakuan atas dasar golongan, kedudukan politis, agama, etnis, warna kulit, atau strata masyarakat. Penegakkan hak azasi manusia dan supremasi hukum merupakan satu cara di mana keadilan bisa lebih terjamin. Keadilan tidak saja menyangkut kesetaraan didepan hukum, tetapi juga keadilan untuk memperoleh kesempatan pendidikan, pekerjaan dan informasi. Restorative justicemerupakan pendekatan untuk memecahkan masalah, dalam berbagai bentuknya, melibatkan korban, pelaku, jaringan sosial mereka, badan-badan peradilan dan masyarakat. Program keadilan restoratif didasarkan pada prinsip dasar bahwa perilaku kriminal tidak hanya melanggar hukum, tetapi juga melukai korban dan masyarakat.

Harapannya masyarakat bisa terbantu terutama untuk daerah yang masuk dalam penerapan PPKM Level four. “Program perlindungan sosial diberikan untuk membantu masyarakat miskin yang terdampak pandemi atau krisis sosial ekonomi,” jelas Astrea. Jadi dalam menghadapi masa krisis ekonomi akibat pandemi, akan lebih baik jika lebih cerdas dalam mengelola keuangan.

Kemiripan ini didasarkan atas adanya prinsip saling menanggung antar anggota suku guna meringankan penderitaan yang dideritanya sebagai akibat dari kematian tersebut. Sebagai permulaan, jumlah SME sebelum sensus ekonomi 1996 adalah 16.eight juta kecuali sektor pertanian. Untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap tentang SME, ukuran sampel dari 1.sixteen juta perusahaan telah dipilih melalui sensus dan di luar ini sebanyak 0.sixty four juta merupakan perdagangan eceran. Jumlah sampel pada tahun 1998 hanya 89,000 perusahaan, yang dilaksanakan sekali, sementara tahun 1999 terdapat 118,000 perusahaan yang dilaksanakan four kali menggunakan 29,500 sampel untuk masing-masing kuarter, diantaranya eleven,325 sampel untuk perdagangan eceran. Survei yang terakhir tahun 2000 dan 2001 berturut-turut menggunakan fifty nine,433 sampel atau rata-rata 14,850 sampel untuk masing-masing kuarter.

Hambatan yang termasuk ke dalam hambatan non-tarif, antara lain kuota, subsidi, diskriminasi harga, larangan impor, premi, dandumping. Menjaga keseimbangan neraca pembayaran sekaligus menjamin persediaan valuta asing yang cukup, terutama untuk kebutuhan impor dan pembayaran cicilan serta bunga utang luar negeri. [newline]Keterbelakangan merupakan suatu keadaan yang kurang baik jika dibandingkan dengan keadaan lingkungan lainnya. Keterbelakangan dalam hal ini maksudnya adalah ketertinggalan dengan negara lain di lihat dari berbagai aspek serta berbagai bidang. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan energi dan tidak merusak sumber daya alam yang ada di sekitar kita.

Beberapa cara untuk menolong ekonomi saat ini

Tokoh-tokoh masyarakat bisa membantu mereka yang rawan atau yang korban narkoba untuk mendapatkan pelayanan pengobatan, perawatan atau rehabilitasi sosial melalui sistem rujukan atau tata cara yang disepakati. Rendahnya harga-harga komoditas setelah tahun 2011 tidak hanya disebabkan oleh permintaan international yang rendah namun juga karena kelebihan suplai. Sebagai ekonomi terbesar kedua di dunia dan importir penting komoditas, melemahnya pertumbuhan ekonomi di Cina menyebabkan penurunan tajam dalam hal permintaan komoditas, dan dengan demikian anjloknya harga komoditas. Untuk membaca analisis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Pemerintahan Orde Baru atau analisis penyebab dan akibat Krisis Finansial Asia, silakan klik tautan-tautan di atas. Indonesia akan terus mendorong agar perjanjian perdagangan bebas juga memberikan nilai tambah kepada UMKM Indonesia, melalui kerja sama teknis dan program peningkatan kapasitas untuk meningkatkan daya saing mereka. ASEAN juga memiliki ASEAN Trade Repository yang mengkompilasi National Trade Repository masing-masing AMS.

Selain itu, dengan pola hidup masyarakat yang berubah, otomatis permintaan masyarakat sebagai konsumen pangan juga berubah. Salah satu contoh nyata yang dapat dilihat adalah ketika kebanyakan restoran dan kafe ditutup, maka permintaan bahan pangan pun menurun. “Akhirnya, bahan pangan yang sudah terlanjur diproduksi dalam jumlah besar mengalami penurunan nilai jual. Banyaknya UKM yang akhirnya harus gulung tikar di tengah situasi pandemi serta banyaknya pekerja yang dirumahkan juga berpengaruh pada akses ekonomi masyarakat terhadap pangan dimana daya beli yang dimiliki masyarakat pun menurun,” urai dosen yang akrab disapa Nana ini lagi. Potongan lirik lagu berjudul Ibu Pertiwi itu dirasa tepat untuk menggambarkan kondisi Indonesia sekarang ini. Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia sejak bulan Maret mengganggu banyak sekali sektor-sektor yang menyokong kehidupan masyarakat, termasuk diantaranya sektor pertanian.

Dalam masyarakat yang berdemokrasi, hukum seharusnya berada di atas politik, akan tetapi tidak jarang hukum diintervensi oleh politik demi langgengnya kekuasaan. Bahkan hukum diciptakan atau direkayasa untuk menjadi payung politik agar terlegitimasi. Hukum seharusnya ditegakkan sesuai aturan demi kemanusiaan, tetapi penerapan yang kaku dan positivistik justru menciptakan ketidakadilan. Ikut melaksanakan perdamaian dunia, berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Pemerintah juga akan menanggung seluruhnya PPH21 untuk pekerja sektor industri pengolahan dengan penghasilan, maksimal Rp200 juta setahun, kemudian pembebasan PPH Impor untuk 19 sektor tertentu, dan pengurangan PPH25 sebesar 30 persen untuk sektor tertentu.

Comments are closed.